Hadi Akmal Lubis

Hadi Akmal Lubis, Guru PAI dan Budi Pekerti di SMP Muhammadiyah Sentang Asahan. Guru Berprestasi tingkat Kementerian Agama Kabupaten Asahan 2018 dan guru Litera...

Selengkapnya
Navigasi Web
Tradisi Rokat Tase di Madura

Tradisi Rokat Tase di Madura

Salah satu upacara adat yang masih sering kita jumpai di pesisir pantai madura dimana penduduknya memiliki pencaharian sebagai nelayan. Tradisi Rokat Rase merupakan tradisi turun temurun masyrakat Madura, Jawa Timur.

Tradisi ini dilakukan untuk mensyukuri atas nikmat dan rezeki yang diberikan  Allah  dan juga agar diberikan keselamatan dan kelancaran dalam bekerja agar memperoleh hasil yang banyak dalam mencari ikan. 

Tradisi ini biasanya dimulai dengan pembacaan istighosah dan tahlil bersama oleh masyarakat nelayan yang dipimpin oleh tokoh agama Setempat. Setelah itu, masyarakat nelayan mendatangi pantai sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa. 

Adapun isi dari  tumpeng itu adalah ketan-ketan yang berwarna warni, nasi tumpeng yang berhiaskan bunga serta bendera merah putih, ikan, buah, sayur, dan lainnya. Setelah itu, tumpeng dibagikan  kepada masyarakat sekitar pantai. 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post